Proses Pengurusan SIM Hilang Ganti Baru & Biayanya di Polres Madiun - Fesbuker.Com

Proses Pengurusan SIM Hilang Ganti Baru & Biayanya di Polres Madiun

proses membuat sim dan biayanya
Suasana di ruang Pelayanan SIM Polres Madiun

Proses Pengurusan SIM Hilang Ganti Baru & Biayanya di Polres Madiun


Alhamdulillah bisa punya pengalaman ngurus SIM A dan SIM C yg beberapa waktu lalu hilang dicuri orang.

Berangkat dari rumah jam 8 pagi, saya langsung menuju Polres Madiun. Sesampainya di tempat tujuan, saya langsung parkir di depan ruko foto copy (depan Mapolres di seberang jalan). Lokasi foto copy ini sekaligus menjadi tempat tes kesehatan. Foto copy KTP dan Surat kehilangan untuk 2 SIM dikenai biaya 9 ribu. Sedangkan biaya tes kesehatan dikenakan rp 40 ribu.

Dengan membawa 2 map, saya meluncur ke loket sidik jari. Di situ petugas coret-coret sebentar lalu saya disuruh ke ruang foto yang lokasinya agak tersembunyi di belakang kantin. Saya kurang paham maksud dan tujuan dilakukannya pengambilan gambar pada tahapan ini. Pun, lokasinya seharusnya tidak terlalu jauh dari lokasi sidik jari sehingga pengunjung lebih nyaman.

Setelah dijepret dengan kamera digital mungil, saya diminta membayar 10ribu. Dengan masih memendam rasa heran dengan aktivitas pemotretan tadi, saya melakukan pengisian data dan diminta balik ke bagian sidik jari guna penyerahan data dan dilakukan sidik jari.

Acara selanjutnya, penyerahan berkas ke bagian layanan SIM. Saya taruh berkas di loket bertuliskam SIM HILANG. Setelah diperiksa sebentar, saya dipanggil dan diminta melakukan pembayaran di ruang BRI. Untuk SIM C dikenai biaya 75rb. Sedangkan SIM A 80rb. Ternyata untuk SIM hilang disamakan statusnya dengan perpanjangan SIM.


biaya pengurusan SIM c
Penyerahan berkas di bagian SIM Hilang atau Mutasi

cara mencari SIM C
Suasana di ruang antrean Pelayanan SIM Polres Madiun

proses pengurusan SIM A
Suasana antrean di ruang tunggu tempat Foto SIM


Pembayaran selesai... Kembali harus ngisi data lagi untuk selanjutnya saya serahkan di bagian layanan SIM. Dari sini saya langsung diberi nomer antrean foto SIM. Jadi tanpa tes atau ujian, baik teori maupun praktek.

tahapan mengurus SIM
Ngantri lageeee.... :)

proses mencari SIM C
Suasana di kamar Foto SIM

biaya mencari SIM C
Buat apa dipajang klo dibiarin mati? he he... (pemandangan di depan ruang foto SIM)


Setelah menunggu foto SIM lumayan lama, ALHAMDULILLAH akhirnya saya mendapatkan 2 buah SIM sekaligus. Semoga aman hingga 5 tahun mendatang.

Saya segera meluncur ke tempat di mana saya memarkir mobil. Jam di dasbor menunjukkan pukul 11.11 WIB.
Proses pengurusan SIM A dan C
Saatnya pulang....
Walhasil Proses Pengurusan SIM Hilang dan minta Ganti Baru ternyata disamakan dengan PERPANJANGAN SIM. ADAPUN Biayanya Cuma habis 214rb utk SIM A dan C.







Ingin Berlangganan Artikel GRATIS dari Fesbuker.com? Masukkan eMail, lalu klik Tombol LANGGANAN: