Yahoo Bangkrut Akhirnya Dibeli Murah Raksasa Telekomunikasi Verizon - Fesbuker.Com

Yahoo Bangkrut Akhirnya Dibeli Murah Raksasa Telekomunikasi Verizon

Yahoo diakuisisi Verizon
Dunia internet kembali geger setelah Yahoo dibeli Verizon. Iya sueerr! Anda tidak salah dengar. Perusahaan internet Amerika Serikat Yahoo secara resmi diakuisisi oleh raksasa telekomunikasi Verizon Communications. Dan yang lebih mengagetkan itu nilai 4,83 miliar dollar AS (Rp 63 triliun) secara tunai. Nominal yang bikin kita menghela nafas panjang.

Ketika masih jaya, harga Yahoo sekitar 1300 Triliun (tahun 2000). Sebelumnya, Yahoo sempat ditawar Microsoft 650 Triliun. Tidak dilepas. Sekarang cuma terjual 65 Triliun. Tepok jidat. Harga ini jauh lebih rendah dari harga yang pernah ditawarkan Microsoft pada tahun 2008 lalu yakni sebesar USD 44 miliar.

Dikutip dari BBC, Selasa (26/7/2016), harga yang telah disepakati antara Yahoo dan Verizon ini tidak termasuk dengan nilai saham yang dimiliki Yahoo pada perusahaan raksasa asal China, Alibaba. Penyatuan perusahaan internet dan operator telekomunikasi yang sama-sama berbasis Amerika Serikat tersebut disepakati pada Senin (25/7/2016) pagi waktu setempat. Dengan ini, Verizon akan mengambil alih operasi bisnis utama Yahoo.

Perjalanan Yahoo Hingga Hari ini

Yahoo didirikan pada Tahun 1994 oleh dua orang sahabat lulusan Universitas Stanford  yang bernama Jerry Yang dan David Filo. Pada awal berdirinya, Yahoo langsung melesat menjadi perusahaan raksasa di bidang portal internet. Produknya yaitu Yahoo Messenger dan Yahoo Mail memang sangat terkenal pada masanya.

Tahun 2000 merupakan masa keemasan dari Yahoo. Nilai perusahaan tersebut pada Tahun 2000 menembus harga 125 Miliar Dolar Amerika.  Tetapi, Yahoo yang dulu begitu terkenal di jagat Internet, memang belakangan ini mengalami penurunan pendapatan secara drastis, dan terus menerus terpuruk. Karena munculnya pesaing yang sangat kuat seperti Google.

Sehingga akhirnya, Pada Tahun 2016 ini Pihak Yahoo memutuskan untuk melego Perusahaan mereka kepada perusahaan lain. Jadi pada Senin kemarin waktu setempat, Yahoo akhirnya bergabung dengan Verizone, untuk menyelamatkan mereka dari keterpurukan.

Verizone meminang Yahoo dengan mahar 4,8 Miliar Dolar Amerika serikat, atau seharga 63 Triliun Rupiah. Verizon mengakuisisi bisnis inti dan layanan consumer dari Yahoo, yang meliputi mesin pencari, news, finance, sport, video, email dan jejaring sosial Tumblr.

Tetapi Walaupun Yahoo diakuisisi. Pihak Yahoo masih memiiliki sahamnya sebesar 35,5% di Yahoo Jepang senilai 8,3 Miliar Dolar Amerika, memiliki 15% saham di Alibaba senilai 31,2 Miliar Dolar Amerika  serta beberapa paten lain.

Verizon pada Tahun 2015 lalu juga mengakuisisi AOL seharga  4,4 Miliar Dolar Amerika. Jadi dengan mengakuisisi Yahoo, Pihak Verizone akan menyatukan keduanya agar menjadi raksasa  di bidang internet sesudah Google dan Facebook. Dilihat dari pendapatan Iklan.

Apakah Yahoo benar-benar ‘sudah habis’? Perusahaan yang dulu pernah menjadi raksasa internet ini harus rela diakuisisi oleh Verizon, perusahaan telekomunikasi asal Amerika Serikat? Kita lihat saja nanti...







Ingin Berlangganan Artikel GRATIS dari Fesbuker.com? Masukkan eMail, lalu klik Tombol LANGGANAN: