Bareskrim Periksa Video Ahok. Hasilnya: "Iya memang (Ahok) mengucapkan kalimat seperti itu" - Fesbuker.Com

Bareskrim Periksa Video Ahok. Hasilnya: "Iya memang (Ahok) mengucapkan kalimat seperti itu"

Bareskrim Polri terus menyelidiki dugaan kasus penistaan agama  dengan terlapor Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Pol Agus Andrianto mengatakan pihaknya sudah memeriksa beberapa saksi dalam kasus tersebut.
"Ada beberapa saksi yang sudah diperiksa, penyidik saya sudah kembali dari Pulau Seribu," kata Agus Andrianto, Senin (17/10/2016).

Bareskrim Polri Periksa Video Ahok Soal Al Maidah Ayat 51

Baik video versi panjang maupun versi pendek, ternyata ucapan Ahok soal surat Al Maidah ayat 51 tidak berbeda. Demikian disampaikan Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim, Brigjen Pol Agus Andrianto, Senin (17/10/2016).

Seperti diketahui, Penyidik Bareskrim Polri telah memeriksa sejumlah saksi terkait kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Kepulauan Seribu. Sejumlah saksi yang diperiksa pada Ahad (16/10/2016) kemarin menyatakan bahwa Ahok memang mengutip surah Al Maidah saat bertatap muka dengan warga.

“Iya memang (Ahok) mengucapkan kalimat seperti itu. Kan kita cuma membuktikan, oh benar bahwa pada saat itu Pak Ahok ada ngomong seperti itu,” kata Andrianto, Senin (17/10/2016), seperti dikutip Aktual.com.

Meskipun demikian, pihaknya tidak bisa memutuskan karena harus menunggu keterangan resmi dari forensik yang tengah memeriksa video tersebut.

Saat diminta penegasan soal berapa banyak perbedaan antara editan dan video yang asli, Andrianto menuturkan bahwa tidak begitu banyak perbedaan.

“Durasi panjang dan durasi pendek tidak ada beda kan ya, tapi kan saya tidak bisa mengatakan seperti itu. Nanti tunggu forensik,” kata Andrianto.

Saksi yang diperiksa diantaranya Lurah, Pegawai Pemda, dan kelompok nelayan di Kepulauan Seribu.
Diungkapkan Agus Andrianto, berdasarkan hasil pemeriksaan para saksi, diketahui memang Ahok hadir di acara tersebut dan benar Ahok berujar demikian.
"Para saksi membenarkan Ahok ada disana dan mengucapkan kalimat seperti itu," kata Agus Andrianto.

Meskipun demikian, Bareskrim tetap menunggu hasil forensik dari Labfor Polri atas rekaman video tersebut.
"Trankrip dianalisa ke para saksi ahli," ujar Agus Andianto.
Jenderal bintang satu ini menambahkan pihaknya masih menunggu hasil dari laboratorium forensik atas video tersebut baik versi panjang maupun versi pendek yang sudah dipotong-potong.
Untuk diketahui laporan dugaan penistaan agama ini bermula dari sambutan Ahok saat berkunjung ke Pulau Seribu, Rabu (28/9/2016) lalu.
Dalam sambutannya, Ahok menyebut "dibohongi pakai Al Maidah" saat menyinggung surat Al Maidah ayat 51.
Sambutan Ahok itu ditayangkan lewat situs berbagai video, YouTube.

Video itu menjadi viral sebab Ahok menyinggung Surat Al Maidah ayat 51.
Beberapa kelompok masyarakat bereaksi keras atas ucapan Ahok dan melaporkan Ahok ke Polri.

Atas hal tersebut, Ahok meminta maaf pada seluruh umat Islam di Indonesia yang merasa tersinggung dengan ucapannya.‎
Ahok mengaku sama sekali‎ tidak ada niatan untuk melecehkan ayat suci Alquran. Sumber [Siyasa/Tarbiyah.net] & [tribunnews.com]







Ingin Berlangganan Artikel GRATIS dari Fesbuker.com? Masukkan eMail, lalu klik Tombol LANGGANAN: