Ditahan Kejati Jatim, Dahlan Iskan: Saya Tidak Terima Suap Bahkan 10 Th Jadi Direktur Tidak Pernah Digaji - Fesbuker.Com

Ditahan Kejati Jatim, Dahlan Iskan: Saya Tidak Terima Suap Bahkan 10 Th Jadi Direktur Tidak Pernah Digaji

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan Ditahan Kejati Jawa Timur

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan Ditahan Kejati Jawa Timur


Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim) menahan mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan Kamis (27/10/) malam setelah diperiksa selama sembilan jam sejak pagi tadi. Dahlah sudah beberapa kali diperiksa.

Dahlan jadi tersangka kasus penjualan aset PT PWU karena pernah menjadi sebagai Direktur Utama di perusahaan milik Pemerintah Daerah Provinsi Jatim tahun 2000-2010. Ada dua aset yang diduga bermasalah pelepasannya, yakni aset di Kediri dan Tulungagung. Transaksi penjualan terjadi pada tahun 2003.

Penyidik menduga penjualan aset itu cacat hukum sejak proses awal. Penjualan tanpa melalui prosedur yang ditentukan. Penyidik menengarai aset dijual dengan harga di bawah harga pasaran kala transaksi terjadi. Uang hasil penjualan aset diduga tidak semua dimasukkan ke kas perusahaan PT PWU.

Dahlan Iskan tampak keluar dari ruang penyidik Kejati Jatim dengan menggunakan rompi tahanan. Kepada wartawan Dahlan mengaku heran harus ditahan karena tidak pernah melakukan korupsi, tidak pernah menerima suap bahkan 10 tahun jadi direktur tidak pernah digaji.

“Saya ditahan karena hanya mendantangani laporan anak buah. Saya akan serahkan ke penasehat hukum saya," kata sebelum digiring ke mobil tahanan.

Mantan Dirut PT Panca Wira Usaha (PWU) itu merasa heran lantaran dirinya tidak merasa melakukan tindak korupsi. "Bukan karena menerima dana, bukan menerima sogokan. Cuma karena tanda tangan dokumen kenapa jadi tersangka?" ujar Dahlan usai menjalani pemeriksaan, Kamis (27/10/2016).

Kepala Kejati Jatim, Maruli Hutagalung, sebelumnya mengatakan, penahanan Dahlan berlaku hingga 20 hari ke depan.
"Penahanan Dahlan untuk 20 hari ke depan terhitung hari ini hingga 20 November," ujar Maruli.

Dahlan ditetapkan tersangka pada hari ini setelah ia menjalani pemeriksaan sebagai saksi. Dahlan keluar dari pemeriksaan sekira pukul 19.30 dengan mengenakan rompi tahanan warga merah. Dahlan ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan terkait kasus dugaan korupsi penjualan aset Pemprov Jatim oleh PT PWU.







Ingin Berlangganan Artikel GRATIS dari Fesbuker.com? Masukkan eMail, lalu klik Tombol LANGGANAN: