Tutorial Memakai Kain Batik Tanpa Perlu Dijahit Dulu, Hanya Dililit Saja - Fesbuker.Com

Tutorial Memakai Kain Batik Tanpa Perlu Dijahit Dulu, Hanya Dililit Saja

Tutorial Memakai Kain Batik Tanpa Perlu Dijahit Dulu, Hanya Dililit Saja
Tutorial Memakai Kain Batik Tanpa Perlu Dijahit Dulu, Hanya Dililit Saja

Sekarang ini kian batik kian meroket menjadi model pakaian yang fashionable. Dan banyak designer yang telah memperkenalkan batik menjadi model pakaian yang go internasional. Yang sedang tren saat ini adalah batik lilit.

Batik lilit adalah bawahan untuk wanita yang sedang tren saat ini, yaitu layaknya rok. Batik lilit bisa digunakan di acara santai maupun formal, sehingga sangat fleksibel. Dan banyak sekali model batik lilit tinggal langsung pakai saja.

Namun bagaimana dengan kamu yang memiliki kain batik tetapi bingung ingin membuatnya batik lilit. Jangan khawatir, karena berikut ini merupakan tutorial memakai kain batik tanpa perlu dijahit dulu, hanya dililit saja cukup.

•    Cara Melilit Model Pertama

Model pertama untuk melilit kain bati menjadi rok yaitu disebut dengan lilit galembong. Lilit yang satu ini merupakan cara melilit kain dari suku Madura. Caranya bisa kamu praktekkan sendiri dengan mudah. Pertama ikatlah ujung kain yang ada di belakang pinggang, kemudian biarkanlah ujung kain lainnya tergerai ke depan. Selanjutnya, ujung kain tadi yang tergerai masukkan melewati sela-sela di kaki menuju arah belakang. Lalu tariklah kain sampai ke pinggang dan ikatlah kedua kain di bagian ujungnya.

•    Cara Melilit Model Kedua

Model tutorial memakai kain batik yang kedua ini bernama Minasan. Model kedua ini atau Minasan ini memiliki tumpal untuk dapat digunakan, namun apabila tidak berarti tidak apa-apa. Caranya yaitu dengan memasukkan ujung kain ke alat tadi dan letakkanlah di sekitar pusar. Kemudian tarik kain yang ada di kiri sampai kencang. Ikatlah kedua kain di bagian ujungnyasupaya tidak muncul benjolan, lilitlah sisa kainnya.Meski tidak mempunyai kain batik panjang, kamu bisa menggunakan kain pendek.

•    Cara Melilit Model Ketiga

Kain batik yang sudah dipakai diikatkan silang di bagian depan. Kemudian tarik kedua ujungya di depan perut ke belakang. Setelah itu, ikat hingga membentuk rok yang cantik.

•    Cara Melilit Model Keempat

Pakailah kain batik yang akan dililit, kemudian ambil satu bagian dan buatlah seperti pelintir. Kamu bisa mengkreasikan pelintir yang lucu, lalu sematkan dengan kain bagian ujung yang lainnya. Dan model yang keempat ini cocok kamu gunakan ke semua acara.

•    Cara Melilit Model Kelima

Jika kamu ingin menggunakan kain batik dengan warna cerah, cobalah dengan warna merah muda atau pink. Warna ini akan memberikan kesan lebih muda dan juga penuh dengan keromantisan. Warna yang satu ini bisa kamu lilitkan dengan model yang sederhana, jadi Anda tidak perlu buang waktu untuk membuat lilitan kain menjadi rok. Caranya kamu bisa melilitkan kain pada pinggang, kemudian tali ujung dengan ujung. Dan jadilah model lilitan sederhana namun tetap cantik.

•    Cara Melilit Model Keenam

Kesan yang terdapat pada batik yaitu layering bisa kamu gunakan untuk memperindah model yang akan dibuat. Kamu bisa memadukannya dengan kain dengan bahan jatuh, pastinya akan membuat penampilan menjadi lebih sempurna. Kamu juga bisa menggunakan kain yang berwarna coklat dan kental akan suku atau etnis. Dan model kain ini bisa kamu gunakan di acara-acara formal seperti pernikahan, dan lain sebagainya. Jika kamu tidak punya kain panjang, kain yang pendek juga bisa digunakan. Jadi nanti hasilnya akan menjadi rok pendek yang lucu.

Demikianlah tutorial memakai kain batik tanpa perlu dijahit dulu dan membuat modelnya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kamu-kamu semua.







Ingin Berlangganan Artikel GRATIS dari Fesbuker.com? Masukkan eMail, lalu klik Tombol LANGGANAN: