13 Personel Polisi Kawal Ahok, Tetap Blusukan Ketika Demo Tanggal 4 Nopember - Fesbuker.Com

13 Personel Polisi Kawal Ahok, Tetap Blusukan Ketika Demo Tanggal 4 Nopember

Ahok Dikawal Polisi saat blusukan

Jelang aksi demo besar- besaran pada Jumat (4/11), calon gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku tetap akan blusukan. Namun ia enggan membeberkan lebih lanjut ke daerah mana ia akan melakukan blusukan esok hari.

"Saya blusukan saja, jalan. Kita punya negara hukum sama aparat profesional mengapa mesti khawatir. Lagi pula bukan dukungan rakyat, bukan revolusi. Beda," kata Ahok.

Selain itu, Ahok lebih menyerahkan urusan keamanan kepada pihak kepolisian terkait demo tersebut. "Ini kan urusan kepolisian," katanya.

Sebelumnya, Ahok tak ambil pusing dengan rencana unjuk rasa besar-besaran ini. Ahok menganggap kasus ini sudah selesai. "Saya kira kasus sudah selesai. Kita sudah minta maaf, kita sudah datang ke Bareskrim. Silahkan bagi pihak yang enggak suka juga punya pengacara, punya bagian hukum minta saja berita acara pemeriksaan ke penyidik Bareskrim. Buat apa merusak Jakarta gitu loh," ujar Ahok di Kebagusan, Senin (31/10).

Terkait pengamanan saat melakukan blusukan di tengah aksi demo yang menuntut dirinya, Ahok mengaku tidak ada penambahan personil pengamanan khusus. Biasa saja seperti hari-hari sebelumnya.

"Saya enggak tahu, kamu lihat nambah enggak (personil pengamanan)? Yang di mobil saya sih enggak nambah," kata Ahok.

Sebelumnya Ahok juga telah mengatakan, ia tak menambah pengamanan khusus yang akan mengawal dirinya. Meski ribuan orang nantinya akan berkumpul di Jakarta dan melakukan aksi demonstrasi terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan dirinya.

"Ditambah (ajudan/ petugas keamanan) mau ngapain? Mau ngajak berantem begitu?" ujar Ahok di Polsek Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu

Calon gubernur DKI nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok didemo sekelompok orang saat kampanye di Rawa Belong, Jakarta Barat, Rabu kemarin, 2 November 2016. Ahok bahkan terpaksa dievakuasi menggunakan mobil angkot, untuk menghindari tindak anarki.

Meski demikian, kepolisian tidak akan menambah jumlah personel pengamanan terhadap Ahok, selama proses Pilkada DKI 2017. Sama seperti kandidat lainnya, Ahok tetap dikawal 13 personel polisi.

"Selama ini kalau ada kampanye kita lakukan pengamanan, yaitu protapnya ada 13 personel yang ngawal," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Awi Setiyono, Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Awi menjelaskan, setiap pasangan calon gubernur DKI memang mendapatkan pengamanan 26 personel polisi selama masa Pilkada. Dari jumlah tersebut, 13 di antaranya mengawal calon pasangan.

"Selama ini pak Ahok dilakukan pengawalan, termasuk peserta Pilkada lain kita kawal," kata dia.

Awi mengatakan, polisi telah mengevaluasi aksi penolakan Ahok kemarin. Kejadian tersebut akan dijadikan sebagai pembelajaran untuk pengamanan selanjutnya.

"Itu sebagai bahan evaluasi kita, termasuk tim sukses," ujar dia.

Awi juga mengatakan, Ahok tidak mendapatkan pengawalan khusus selama demo Jumat besok, 4 November 2016. Pengamanan tetap sama seperti hari biasa dengan pengawalan 13 personel polisi.

"Sama saja, kita kan punya intelijen. Sejauh mana kekuatannya, ancamannya, akan terus kita update," tegas Awi.







Ingin Berlangganan Artikel GRATIS dari Fesbuker.com? Masukkan eMail, lalu klik Tombol LANGGANAN: