Kenapa GP Ansor Tak Terjunkan Pasukan Banser Demo Ahok. Apakah Mereka Bukan Muslim Loyal? - Fesbuker.Com

Kenapa GP Ansor Tak Terjunkan Pasukan Banser Demo Ahok. Apakah Mereka Bukan Muslim Loyal?

Kenapa GP Ansor Banser Tak Ikut Demo Ahok

Kenapa GP Ansor Tidak Ikut Aksi Demo Penistaan Agama oleh Ahok. Apakah Mereka Bukan Muslim Sejati?

Ketua GP Anshor Yaqut Cholil Coumas mengatakan, alasan utama Anshor tak ikut aksi besok adalah tema aksi yang dinilai tidak jelas. Yaqut menilai, dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok seharusnya menjadi ranah hukum.

"Kalau aksi ini bertujuan baik ya silakan sebagai saluran demokrasi itu sah-sah saja, tapi ketika ada kelompok lain kelompok radikal gitu bergabung, kita menolak itu tidak akan terlibat," tegas dia.

"Saya larang kader Ansor dan Banser terlibat dalam demonstrasi nanti, apa pun alasannya. Akan tetapi, untuk urusan pengamanan, kader boleh terlibat. Tapi itu pun hanya boleh dilakukan jika negara memanggil, meminta melalui aparat keamanan," ucap Yaqut dalam pesan tertulisnya.

Ansor itu bukan hanya milik Islam tapi milik bangsa. Karena Islam ini hidup dalam bangsa Indonesia. Yang dijaga adalah kepentingan Islam juga kepentingan bangsa.

Jika Ansor menjaga Gereja, bukan berarti Ansor lebih mencintai non muslim daripada muslim. Tapi itu adalah ijtihadnya Ansor. Ketika gereja aman dari perlakuan para ektrimis radikalis, berarti Ansor sudah menjaga perdamaian bangsa dan menjaga nama baik Islam. 

Jika Ansor tidak ikut demo, bukan berarti Ansor tidak loyal pada Islam. Tapi itu adalah ijtihadnya Ansor; yaitu:
  1. Karena kasus penistaan ini masih abu-abu, tidak jelas apakah Ahok menistakan Quran atau hanya sekedar menyerang lawan politiknya yang sejak dulu memang sering menggunakan ayat untuk ngantemi dirinya.
  2. Kasus ini bisa diselesaikan oleh hukum,
  3. Non muslim di Indonesia juga punya hak memilih dan dipilih jadi pemimpin, karena non muslim Indonesia bukan hanya tidak pantas dilebeli sebagai kafir harbi, sebagai kafir dzimmi pun juga tidak pantas. Karena selain Indonesia bukan wilayah Islam (tapi NKRI), bangsa Indonesia juga dibangun oleh non muslim.
  4. Tidak turun demo juga sebuah usaha untuk menampilkan wajah kasih sayang Islam pada dunia.
  5. Tidak ikut mengutuk Ahok juga sebuah usaha agar di daerah-daerah lain yang mayoritas non Islam, calon dari Islam tidak ditolak juga karena ke-islam-annya. 

Kalau Ansor ingin menolak Ahok, Ansor akan memilih menolaknya karena alasan kinerjanya dan prilakunya, seperti Ahok yang dikuasai para cukong Cina atau Ahok tidak punya etika publik sebagai pemimpin. Bukan bawa-bawa Islam. Islam terlalu agung kalau hanya dibenturkan dengan seorang Ahok.







Ingin Berlangganan Artikel GRATIS dari Fesbuker.com? Masukkan eMail, lalu klik Tombol LANGGANAN: