Waspada! Polri Incar 70 Postingan di Media Sosial Terkait Kasus Abu Uwais - Fesbuker.Com

Waspada! Polri Incar 70 Postingan di Media Sosial Terkait Kasus Abu Uwais

Abu Uwais dijerat Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 tahun. Berdasarkan penjelasan Polri, selain kasus Abu Uwais, ada 70-an postingan di medsos yang bernada menghasut dan saat ini masih diselidiki.

Seperti diberitakan, AR atau Abu Uwais (31) ditetapkan sebagai tersangka kasus penyebaran isu rush money. Abu Uwais dianggap melakukan provokasi karena menuliskan status hasutan di akun Facebook.

"Di sana (akun Facebook Abu Uwais) dia mengajak semua orang untuk mengambil tabungan yang disimpan di bank komunis. Hal ini sangat provokatif, tidak mendidik, dan tidak baik," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen (Pol) Boy Rafli Amar dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (26/11/2016).

Irjen Boy juga memperlihatkan cetakan halaman Facebook Abu Uwais. Di situ terlihat, Abu Uwais memperlihatkan deretan uang pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu.

Berkaca dari kasus tersebut, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan provokasi di medsos. Tak hanya itu, ia menegaskan jangan ada oknum yang memanfaatkan dan memperkeruh suasana saat ini.

"Oleh karena itu, proses penangkapan ini, kita ingatkan masyarakat jangan melakukan provokasi. Kita bisa lihat mereka pasti memanfaatkan isu dugaan penistaan agama dengan hal seperti ini," ujar Boy saat jumpa pers di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Sabtu (26/11/2016).

Mantan Kapolda Banten itu menerangkan, isu hoax yang disebarkan bisa membuat suasana semakin gaduh dan menimbulkan kepanikan di masyarakat. "Ini perbuatan tidak patut ditiru. Kami berharap kita berikan pendidikan yang baik untuk masyarakat, jangan lakukan ini lagi," imbaunya.

Boy menegaskan, jika memang masih ada oknum yang nakal "memancing di air keruh" untuk tujuan provokasi, pasti akan terungkap. "Di mana pun Anda berada pasti ketahuan. Jika di luar negeri kita akan kerjasama dengan Interpol," tegasnya.

Seperti diketahui, Abu Uwais ditetapkan menjadi tersangka atas penyebar isu rush money, namun polisi tidak melakukan penahanan dengan alasan kemanusiaan. Abu Uwais sendiri dijerat dengan Pasal 28 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Infomasi dan Transaksi Elektronik, dengan ancaman pidana 6 tahun.







Ingin Berlangganan Artikel GRATIS dari Fesbuker.com? Masukkan eMail, lalu klik Tombol LANGGANAN: