Imam Besar FPI Habib Rizieq Protes Uang Berlambang Palu Arit mirip PKI - Fesbuker.Com

Imam Besar FPI Habib Rizieq Protes Uang Berlambang Palu Arit mirip PKI



Beberapa waktu terakhir, media sosial dihebohkan dengan foto-foto uang kertas keluaran baru. Pasalnya, di pecahan uang itu ada gambar yang dinilai mirip dengan “palu arit.” Sedangkan sebelumnya, gambar yang kelihatan adalah logo Bank Indonesia (BI).

Tak hanya di Facebook, di Twitter pun kehebohan serupa juga dapat ditemukan. Sejumlah pengguna Twitter memfoto uang yang dimilikinya dan mendapati ada gambar mirip “palu arit”. Gambar tersebut ditemukan pada uang kertas tahun emisi 2014, sedangkan sebelum 2014, gambarnya adalah logo BI.

Mengapa gambar yang dulunya logo BI, pada uang-uang baru berganti menjadi gambar mirip “palu arit?”

BI agaknya mengetahui kehebohan ini sehingga kemudian memberikan penjelasan resmi melalui media sosial.

Melalui fan page @BankIndonesiaOfficial, BI menjelaskan bahwa gambar yang dinilai netizen mirip “palu arit” itu adalah gambar saling isi (rectoverso). Rectoverso merupakan sebuah teknik cetak khusus pada uang kertas yang membuat sebuah gambar berada di posisi yang sama dan saling membelakangi di bagian depan dan belakang. Apabila dilihat tanpa diterawang, gambar akan terlihat seperti ornamen yang tidak beraturan. Namun apabila diterawang, rectoverso akan membentuk sebuah gambar yang utuh. Pada uang Rupiah, gambar utuh yang terbentuk itu adalah logo BI.





Ingin Berlangganan Artikel GRATIS dari Fesbuker.com? Masukkan eMail, lalu klik Tombol LANGGANAN: