3 Tahun Jadi Menteri, Ibu Susi Tenggelamkan 317 Kapal - Fesbuker.Com

3 Tahun Jadi Menteri, Ibu Susi Tenggelamkan 317 Kapal

Menteri Susi Tenggelamkan Kapal

Bagi para pencuri ikan di perairan Indonesia, Menteri Susi bagaikan dewa pencabut nyawa. Hal itu tak lepas dari ketegasan beliau dalam meledakkan dan menenggelamkan kapal asing pencuri ikan.
Menurut Susi Pudjiastuti, keseriusan memerangi ilegal fishing atau pencurian ikan oleh kapal asing merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam menjaga kedaulatan laut.

Terhitung sudah 317 buah kapal berhasil ditenggelamkan selama 3 tahun beliau dipercaya menjadi 'penjaga' laut Indonesia. 

Menteri Susi Raih 3 Penghargaan Internasional

Susi Pudjiastuti menjadi salah satu menteri Jokowi yang nyentrik dan selalu menjadi sorotan media. Pertama diangkat jadi menteri, Susi menjadi sorotan karena mencari area merokok di Istana Negara. Wanita yang juga merupakan seorang pengusaha ini disoroti karena latar belakang pendidikannya saat diangkat jadi menteri, lalu penampilannya.

Selain itu, Susi menjadi satu dari sedikit anggota Kabinet Kerja yang lolos dari gelombang reshuffle, sejauh ini sudah dua kali digulirkan Presiden Joko Widodo. Ini lantaran kinerja menteri nyentrik itu dalam menjaga sektor kelautan dan perikanan Indonesia diakui ciamik. 

Selama menjabat, Susi terkenal dengan kebijakannya yang galak terhadap kapal pencuri ikan Indonesia. Susi tak segan mengebom dan menenggelamkan kapal yang tertangkap mencuri ikan Indonesia.

 Meski demikian, kinerja Menteri Susi tak lepas dari kritik berbagai pihak. Anggota Komisi IV DPR-RI, Ichsan Firdaus mengatakan, sejak Susi jadi menteri, banyak nelayan lakukan demo.

"Sejak Bu Susi jadi menteri hingga sekarang, seringkali ada demo nelayan," kata Ichsan.

 Menteri Susi tercatat bisa menaikkan potensi sumber daya perikanan dari sekitar 6,5 juta ton pada 2013 menjadi sekitar 9,6 juta ton. Namun, dia mempertanyakan bagaimana cara potensi tersebut bisa melonjak. "Apakah memang ikan kita bertambah banyak karena kita punya potensi luar biasa atau karena memang dilarang armada kita untuk menangkap?" katanya.

 "Ada joke dari kawan saya di DPR bahwa Ibu susi layak diberikan penghargaan hak asasi ikan. Karena dia menjaga ikan jangan sampai ditangkap." Terlepas dari itu semua, kinerja Menteri Susi diakui dunia. Menteri Susi menyabet 3 penghargaan kelas dunia. Ketiga penghargaan tersebut adalah:

  1. Penghargaan World Wide Fund for Nature (WWF) Internasional 
  2. Penghargaan Seafood Champion Award 
  3. Penghargaan Peter Benchley Ocean Awards





Ingin Berlangganan Artikel GRATIS dari Fesbuker.com? Masukkan eMail, lalu klik Tombol LANGGANAN: