Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Santri Tertua Di Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Magetan

Ini tenteng Santri Tertua Di Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Magetan. Saat ini, tercatat ada 2 (dua) orang yang masih nyantri (mondok) di pesantren yang diasuh oleh KH Ubaidillah Ahror tersebut.

Kedua beliau ini berusia di atas 70 tahun. Pertama, Bapak H. ABUDIN dari Aceh. Kedua, Bapak Mustofa dari Jawa Barat (beliau sudah wisuda 2 tahun lalu dan masih lanjut belajar ke jenjang TAKHOSSUS.

Keterangan Foto Pertama: Beliau adalah H. ABUDDIN dari Aceh (usia 74 tahun) masih semangat Mondok. Saat ini (tahun 2021) baru kelas 7 (Daurotul Hadist 1) di Pondok Al Fatah Temboro Magetan.

In syaa Allah Tahun depan diwisuda.

# Kalau masih ada Umur... 😊



Santri Tertua Di Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Magetan

Semoga beliau berdua menyemangati para muda-muda semua. Sebab, menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Tanpa pandang usia. Nabi kita Muhammad SAW. bersabda,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

”Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap orang Islam”. (HR. Ibnu Majah)


Lebih dari itu, mencari ilmu merupakan ibadah yang paling utama (afdhol). Mengingat segala amalan, tanpa ilmu, tidak akan bisa ditunaikan dengan benar sebagaimana yang kehendaki oleh Allah dan RasulNya. Berkenaan dengan ini, Imam Sufyan As-Tsauri rahimahullah mengatakan,

لا أعلم بعد النبوة أفضل من العلم

“Aku tak tau derajat paling mulia yang melekat pada manusia setelah kenabian, yang lebih afdhol daripada ilmu.”

Sayyidina Ali bin Thalib juga mengatakan:

العلم أفضل من القائم الساجد

“Menuntut ilmu lebih utama daripada seorang yang rajin sholat rajin sujud.”

Maka jelas bahwa, menuntut ilmu itu ibadah. Saat anda melaksanakan sholat hadir dalam diri anda perasaan sedang ibadah, maka hadirkan juga perasaan tersebut saat anda hadir di kajian, membaca kitab para ulama, dan ikhtiyar-ikhtiyar menuntut ilmu lainnya.

Setelah kita menyadari bahwa menuntut ilmu itu ibadah, maka ketahuilah bahwa ibadah tanggung jawab manusia yang selalu melekat selama masih bisa bernafas di dunia. Artinya, ibadah itu tak ada ujungnya, kecuali satu, yaitu kematian! Demikian pula menuntut ilmu, ujung dari proses menuntut ilmu bukan almamater pondok pesantresnmu, ijazah S1, S1, S3 mu, atau lulus dari Universitas favorit di timur tengah. Tapi akhir dari berjuanganmu mencari ilmu adalah, kematian.

Posting Komentar untuk "Santri Tertua Di Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Magetan"